Senin, 05 November 2012


                        oleh : khaerudidin
                tentang manajemen kewirausahaan
                             jurasan
 
A. Faktor-Faktor Keberhasilan Dalam berwirausaha
  a.  keberhasilan berwirausaha
     untuk menjadi wirausaha di perlukan dukungan dari orang lain yang berhubungan dengan bisnis yang kita ke lola. Mnurut Candra Eka jaya keberhasilan dalam berwirausaha mempunyai  3 target yaitu:
·         Goal atau target yang anda miliki: jangan berwirausaha dengan hanya mengatakan saya ingin kaya karena berwirausaha.
·         Prestasi : terus mencoba melakukan apapun untuk mencapai hasil yang kita inginkan, selain itu dapat juga di artikan bahwa kita harus suka duka akan saya jalani karna prestasi datangnya dari alas an yang kuat utuk mencapai golf tersebut.
·         Kesabaran : sabar dalam menghadapi resiko dalam berwirausaha.
b.  langkah-langkah keberhasilan
·         Memiliki ide atau visi dan misi bisnis yang jelas
Dalam memulai sebuah bisnis seseorang harus mempunyai ide dan tujuan yang jelas dan sistematis agar dapat berjalan sesuai dengan planning awal.
·         Kemauan dan keberhasilan untuk menghadapi resiko.
Resiko bukan sesuatu hal bisa kita hindari sebab setiap usaha pasti ada resiko,kita hanya bisa mengolah resiko tersebut menjadi lebih kecil dan sederhana dengan menghadapinya bukan menghindarinya.


·         Membuat perencanaan berwirausaha, mengorganisasikan dan menjalankannya.
Maksudnya yaitu (planning,organizing dan actuating) harus berjalan sesuai dengan strukturnya masing-masing,dan hal itu harus berjalan beriringan sebagai landasan utama dalam berwirausaha.
·         Mengembangkan hubungan yang baik dengan mitar usaha maupun dengan semua pihak yang terkait dengan kepentingan perusahaan.
c.  faktor yang berperan dalam keberhasilan berwirausaha
·         Kepribadian
Maksudnya  kita mengetahui seseorang yang akan memulai sebuah bisnis harus mempunyai mental  atau sikap kepribadian yang baik terhadap bawahanya.
·         Pengalaman
Pengalaman sangat penting untuk menjalankan usaha,sebab dari pengalaman kita dapat belajar dari sesuatu yang telah kita alami di masa lalu,baik kejadian yang menyenagkan maupun kejadian yang kurang mengenakkan, sebab guru yang baik adalah pengalaman yang membuat kita bangkit menjadi yang lebih baik.
·         Pembimbing atau panutan dari orang lain atau keluarga.
Panutan dari orang lain maupun keluarga menjadi faktor dari luar yang menjadikan kita lebih termotivasi dengan segala bentuk rintangan yang nantinya akan kita hadapi. Dengan begitu kita tidak merasa sendiri.
B.   Faktor-faktor penyebab ke gagalan dalam berwirausaha.
·         Perencanaan
Perencanaan adalah faktor utama dalam setiap memulai sebuah usaha,sebab kita melangkah untuk menjalani sebuah pilihan yang akan menentukan sukses tidaknya suatu usaha oleh sebab itu perencanaan harus di utamakan dan di pikirkan secara matang sebagai usaha meminimalisir datangnya sebuah kegagalan.
·         Modal dan keuangan
Modal dalam memulai usaha dapat menjadi sesuatu yang dapat menjadikan usaha kita gagal dikarenakan kita tidak mampu mengatur setiap ada pemasukan atau pengeluaran.
·         Kurangnya kemampuan pemasaran
Usaha objek penentu kegagalan dan ke suksesan adalah pasar atau marketing,oleh sebab itu kita memerlukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang di inginkan dan di butuhkan oleh konsumen,dengan begitu produk atau jasa kena kepada sasarannya.
·         Lokasi kurang memadai.
Lokasi menjadi faktor penentu selanjutnya,lokasi yang hendak kita gunakan dalam penjualan harus pada tempat yang stretegis dan mudah di jangkau oleh masyarakat agar masyarakat tidak merasa kesulitan ketika hendak berkunjung ke tempat usaha kita tersebut.
·         Sikap kurang sungguh-sungguh dalam kewirausahaan.
Dalam berwirausaha sikap konsisten dan sungguh-sungguh terhadap apa yang telah kita jalani adalah faktor utama kesuksesan dan kegagalan kita,sebab jika kita telah yakin dan optimis dalam menjalaninya segala bentuk rintang akan terasa mudah di hadapi.

·         Sebelum kita memulai bisnis seseorang harus berani mengambil resiko.
Berani dalam mengambil resiko terhadap setiap langkah yang kita tempuh dalam berwirausaha adalah penentu selanjutnya,setiap keputusan pasti ada resiko yang harus di jalani, yang menjadi tugas kita hanyalah bagaimana  cara kita menghadapi dan menyelesaikannya dengan kepala dingin dan mengambil setiap hikma dan pelajaran yang terkandung dalam resiko tersebut.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar